Bibit Pohon Trembesi Harga Murah

Pohon Trembesi atau biasa disebut sebagai pohon ki hujan merupakan pohon yang memiliki perawakan yang besar, lebar, dan cukup tinggi. Pohon ini sangat populer di berbagai tempat sebagai pohon pelindung atau pohon peneduh.

Namun seiring bertambah besarnya pohon ini juga membuat struktur akarnya melebar dan menyebabkan bangunan atau jalan di sekitarnya rusak, sehingga sekarang ini orang berpikir dahulu bila ingin menanam pohon trembesi. Disebut sebagai pohon ki hujan karena pohon ini sering meneteskan air dan kemampuan daya serap air tanah nya juga sangat tinggi.

Bibit Pohon Trembesi Harga Murah

Pohon trembesi merupakan pohon asli yang asalnya dari Amerika tropis namun sekarang ini sudah menyebar di seluruh daerah tropis di dunia. Pohon trembesi ini mempunyai buah yang mirip dengan kacang polong. Selain perakarannya yang merugikan , pohon ini ternyata bila ditanam di tengah – tengah berbagai macam pohon bisa menyebabkan pohon sekitarnya terhambat pertumbuhannya.

Pohon trembesi ini merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh mencapai ketinggian lebih dari 40 m dan tentunya juga bisa melebar sampai kira – kira berdiameter 30 m. Pada bagian daun dari pohon trembesi ini sangat sensitif terhadap paparan cahaya sinar matahari dan daun trembesi ini akan mengatup secara bersama – sama pada saat cuca berubah menjadi mendung, sehingga daun – daun dari pohon ini tidak pernah tersentuh oleh air hujan.

Pohon trembesi ini meskipun merugikan namun tetap saja berguna untuk taman atau kebun yang cukup luas, pohon ini mesti dijadikan sebagai pohon peneduhnya. Selain itu pohon trembesi ternyata juga mampu menyerap gas karbon dioksida puluhan kali daripada jenis pohon – pohon lainnya sehingga pohon ini sangat efektif dijadikan sebagai pohon ramah lingkungan.

Tahapan Budidaya Pohon Trembesi

Tahap pertama adalah tahap perkecambahan biji , perkecambahan biji akan tumbuh baik tanpa perawatan dengan persentase 35 % – 50 %. Perkecambahan biji ini tumbuh di tahun pertama penyimpanan biji.

Tahap selanjutnya adalah menyempurnakan tahap pertumbuhan dari perkecambahan biji , hal ini dilakukan dengan cara merendam biji ke dalam air dengan suhu 80 derajat celcius selama 2 menit. Volume air yang digunakan sebanyak 5x dari volume biji. Jika sudah selesai, keringkan biji tersebut. Selanjutnya rendam kembali biji trembesi tersebut dalam air hangat (suhu 30 derajat celcius – 40 derajat celcius) selama 1 hari. Metode perendaman ini nantinya akan meningkatkan persentase pertumbuhan perkecambahan biji mencapai 100%. Setelah 3 – 5 hari di diamkan di tempat teduh lakukan penyiraman secara sedikit demi sedikit agar biji terus tumbuh.

Langkah selanjutnya biji tinggal di tanam di tanah, asalkan syarat panjang kecambahnya terpenuhi yakni 20 – 30 m. Ukuran bibit saat siap tanam kira – kira memiliki tinggi 15 – 30 cm dan diameter batangnya mencapai 5 – 30 mm. Penanaman bibit trembesi ini dapat dilakukan di pasir atau di sebuah polybag. Media tanam bibit trembesi ini memiliki komposisi 3 : 1 : 1 ( tanah : pasir : pupuk organik ).

Pohon trembesi ini memiliki perawakan yang sangat lebar dan luas sehingga tetap menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan sebagai pohon peneduh.

Bibit Pohon Trembesi Harga Murah

Pohon trembesi ini sangat banyak membutuhkan adanya serapan yang di dapatkan dari gas karbondioksida dengan kapasitas yang cukup besar. Oleh karena itu pohon trembesi in juga cocok untuk pohon ramah lingkungan di kota – kota besar.

Fakta tentang pohon trembesi

Pohon trembesi ini memiliki perawakan yang sangat lebar dan luas sehingga tetap menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan sebagai pohon peneduh. Karena pada dasarnya jenis pohon trembesi ini cukup unik yang mana keunikan nya terletak pada daun nyamyang dapat mengeluarkan air dari hembusan embun dan menetes dari daun – daun nya,sehingga dengan begitu akan menciptakan suasana yang jauh lebih sejuk di bawah pohon tersebut. Pohon trembesi ini merupakan tanaman yang sangat banyak membutuhkan adanya pasokan gas karbon dioksida dengan kapasitas yang cukup besar. Maka dari itu pohon trembesi in juga sangat cocok untuk pohon ramah lingkungan di kota – kota besar.

Akar pohon trembesi yang luas dan menyebar , pohon ini pun tidak perlu khawatir akan kekeringan karena pasokan air selalu tercukupi mengingat struktur akar yang memadai. Pohon ini bahkan pernah dicanangkan di Indonesia sebagai pohon penghijauan nasional oleh mantan presiden SBY pada saat itu pernah digalakkan gerakan penanaman 1 milyar pohon trembesi. Karena pohon trembesi ini sangat berguna untuk mencegah pemanasan global di daerah – daerah industri besar. Batang pohon trembesi ini juga memiliki struktur yang kuat sehingga bisa juga dijadikan sebagai bahan bangunan.

Biji dari buah trembesi pun juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan ringan (hampir mirip seperti kwaci bunga matahari). Makanan ringan ini digunakan sebagai makanan pencuci perut dengan di seduhkan dengan air panas. Selain biji dan kayu batangnya , daun dari pohon trembesi pun juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit kulit. Namun saat ini belum diketahui apakah buah trembesi ini bisa dimanfaatkan atau tidak namun hal ini masih dalam tahap penelitian.

Pohon trembesi ini walaupun kelihatannya banyak manfaatnya namun ada juga resiko yang besar saat menanamnya. Hal ini karena pohon trembesi yang rakus akan air tanah menyebabkan pohon lain di sekitarnya menjadi kekurangan air dan mati. Hal inilah yang merisaukan para pemeliharanya karena 1 pohon trembesi saja bisa menyebabkan matinya pohon lainnya di sekitarnya.

Dan selain itu akarnya yang melebar dan luas ini bisa merusak pondasi – pondasi rumah yang ada di sekitarnya. Ini menyebabkan rumah gampang runtuh jadi hal ini juga membuat orang berpikir dahulu untuk membeli trembesi. Oleh karena itu sebaiknya siapkan lahan yang luas dan memadai untuk membudidayakan pohon trembesi ini. Usahakan jangan di sekitar perkebunan atau perumahan. Di tepi jalan raya pohon trembesi tentunya paling cocok karena nantinya akan menyejukkan bagi pengendara yang lalu lalang.

Pohon trembesi ini juga terkenal sampai istana negara Indonesia. Dahulu mantan presiden pertama Ir. Soekarno membuat istana negara dengan pilar yang terbuat dari kayu pohon trembesi. Usia pohon trembesi yang cukup panjang mencapai ratusan tahun. Jadi meskipun terdapat resiko yang besar sebenarnya pohon trembesi ini sangat terkenal di Indonesia.

Pohon trembesi ini awalnya atau aslinya berasal dari wilayah Brasil , Peru , dan Meksiko namun ini masih perkiraan. Pohon trembesi ini pun menyebar di seluruh daerah tropis dunia termasuk wilayah Indonesia. Pohon ini sangat cocok bila ditanam di daerah yang sering banjir seperti di daerah DKI Jakarta. Namun saat ini pemerintah daerah DKI Jakarta belum menggalakkan penanaman pohon trembesi. Padahal pohon trembesi ini walaupun wilayah nya tergenang pohon ini tetap dengan baik menyerapnya dan tidak mengalami pembusukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *